Sabtu, 15 Juni 2013

PEREKONOMIAN INDONESIA

TUGAS KELOMPOK
PEREKONOMIAN INDONESIA

KELOMPOK 1
Prodi : Pendidikan IPS / Off : B
Anggota:
1.      Arif Mustaqim                                               
2.      Muhammad Khoiruddin Alkaf           
3.      Fafa Faujiah                                        
4.      Finda Eka Yulviana                           
5.      Nadiyya Qurrotu Aini Zummi            

Masalah yang didiskusikan!
1.      Dari kajian geografis, Indonesia adalah Negara kepulauan. Pada Agustus 2009, kementrian kelautan dan perikanan (Freddy Numberi) mengumumkan jumlah pulau di Indonesia sebanyak 17.480 pulau. 4.891 pulau sudah diberi nama dan sudah didaftarkan ke PBB. Jelaskan apa makna dari jumlah pulau yang relatif banyak tersebut bagi perekonomian Indonesia.
2.      Dari kajian geografi, jumlah penduduk Indonesia pada akhir Desember 2012 sebanyak 245 juta jiwa. Jelaskan makna jumlah penduduk Indonesia tersebut bagi perekonomian Indonesia.

Hasil Diskusi!
1.      Makna dari jumlah pulau yang relative banyak tersebut bagi perekonomian Indonesia yaitu:
·         Sebagai lambang kemakmuran dan kekayaan bumi Indonesia dengan hasil bumi, laun dan perikanan, yang memiliki arti bahwa Indonesia adalah Negara dengan tingkat perekonomian yang cukup maju dan berkembang. Dan hal tersebut patut untuk diperhitungkan di kancah Internasional.
·         Sumber Daya Alam yang terdapat di pulau-pulau tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia.
·         Pulau-pulau tersebut sebagai penghasil kekayaan Negara Indonesia, dengan memanfaatkan sumber kekayaan alam yang ada. Banyak produk yang dapat dikembangkan sebagi komoditi perdagangan, baik untuk pasar lokal dan internasional, sebaliknya apabila pulau-pulau itu jatuh ketangan negara asing, akan menjadi ancaman bagi negara Indonesia, masyarakat lokal akan dirugikan karena hasil kekayaan alam di daerahnya harus diberikan pihak asing.
·         Dilihat dari letak geografisnya negara Indonesia  memiliki banyak kekayaan alam yang melimpah. Kekayaan yang melimpah tersebut, tersebar pada pulau-pulau yang terhampar di Indonesia. Keeksotikan pulau-pulau dengan kekayaannya yang melimpah tersebut menarik banyak wisatawan yang membantu perekonomian Indonesia. Sebagian besar pemasukan perekonomian Indonesia berasal dari memanfaatkan pulau-pulau tersebut sebagai kerpariwisataan.
2.      Makna jumlah penduduk Indonesia yang banyak tersebut bagi perekonomian Indonesia yaitu:

Dalam hal ini terdapat makna positif dan negatifnya. Makna positifnya, pertumbuhan penduduk yang begitu cepat setiap tahunnya apabila diimbangi dengan SDM yang baik maka akan sangat membantu perekonomian Indonesia, karena SDM yang baik dapat bermanfaat untuk kemajuan dan perkembangan proses kegiatan perekonomian (produksi, distribusi dan konsumsi). Makna negatifnya apabila penduduk mempunyai kualitas SDM yang rendah maka akan mengakibatkan permasalahan social (kemiskinan, pengangguran, kriminalitas tinggi, dll). Sehingga harus diimbangkan antara pertumbuhan penduduk dan kualitas pereonomian dengan baiknya SDM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar